Senin, 17 November 2014

PT. Collega Inti Pratama

Sebagai bagian dari anak bangsa dengan latar belakang pengetahuan dan pengalaman dibidang teknologi, kami tergerak untuk mencarikan solusi alternative atas kebutuhan teknologi tersebut, sehingga sejak tanggal 3 February 2001, PT. Collega Inti Pratama resmi berdiri.
Perusahaan yang saat awal dirintis hanya berkekuatan kurang dari 10 orang tenaga ahli, dan hanya mengandalkan pengalaman serta kepercayaan dari salah satu mitra sekaligus client kami yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, berhasil mengeluarkan produk core banking system yang kemudian diberi nama OLIBs (OnLine Integrated Banking System). OLIBs sebagai produk pertama dari PT. Collega Inti Pratama ini berhasil diimpelentasikan secara Online pada lebih dari 25 kantor layanan BPD Bali saat itu, dan atas kesuksesan implementasi tersebut, beberapa Bank lain mulai bergabung dan menggunakan produk core banking OLIBs.
Tergerak akan tingginya kebutuhan solusi teknologi perbankan sebagai bagian dari kelngkapan solusi core banking yang telah ada, maka kami mulai focus melakukan riset untuk mengembangkan produk-produk solusi teknologi lain terutama dalam memenuhi regulasi Bank Indonesia serta target pengembangan bisnis dari para client kami, dan sejak bulan July 2008, PT. Collega Inti Pratama resmi menempati kantor di gedung Talavera Office Park lantai 6 dan 7, JL. T.B. Simatupang, Cilandak Jakarta Selatan dengan fasilitas Data Center serta Disaster Recovery Center yang terletak di Bandung guna mendukung jasa layanan Outsourcing.
Produk & Jasa Layanan
Sampai dengan akhir tahun 2008, PT. Collega Inti Pratama yang diawaki oleh para professional berjumlah lebih dari 170 orang dari berbagai suku di Tanah Air, sudah menghasilkan berbagai produk.
Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang solusi IT perbankan, maka PT. Collega membagi solusinya kedalam dua kategori yakni:

Produk

Merupakan paket aplikasi yang siap dipasarkan lewat customisasi yang relative minim karena dibuat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang mengacu pada kebutuhan pasar dan trend technology, serta disesuaikan dengan regulasi yang ada dan keperluan internal. Paket aplikasi tersebut antara lain :
  • OLiBs (Online Integrated Banking System) merupakan suatu solusi core banking system bersifat parameterized dan customisable yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bank terutama yang terkait dengan perubahan business process yang bersumber pada perubahan regulasi, ketentuan, maupun kebijakan lainnya. OLIBs dikembangkan oleh tim senior Collega yang selalu megikuti ketentuan dan peraturan Bank Indonesia maupun ketentuan internal baik pengguna seperti penomoran rekening, stelsel rekening pembukuan, model check digit, system akuntansi, pembebanan biaya, pelaporan dan sebagainya serta trend teknologi perbankan. OLIBs juga sudah mendukung untuk transaksi berbasis single currency maupun multi currency.
  • OLiBs Syariah (Online Integrated Banking System Syriah) merupakan suatu paket core banking system berbasis perbankan syariah bersifat parameterized dan customizable yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bank syariah atau unit syariah terutama yang terkait dengan perubahan business process yang bersumber pada perubahan regulasi, ketentuan, maupun kebijakan lainnya. OLIBs Syariah dikembangkan oleh tim khusus Collega yang selalu megikuti ketentuan dan peraturan Bank Indonesia seperti PSAK 59 dan PAPSI 2003, maupun ketentuan internal baik pengguna seperti penomoran rekening, stelsel rekening pembukuan, model check digit, system akuntansi, pembebanan biaya, pelaporan dan sebagainya serta trend teknologi perbankan. OLIBs juga sudah mendukung untuk transaksi berbasis single currency maupun multi currency.
  • eMWARE (Enterprise Middleware) merupakan system aplikasi switching yang melayani, menjembatani dan mengendalikan transaksi melalui ATM dan transaksi online lainnya, termasuk hubunga online antar institusi (host to host). eMware dikembangkan oleh tim khusus Collega tanpa ada ktergantungan dari pihak lain, maka untuk kebutuhan internal bank dalam kaitannya melakukan kerjsama dengan pihak lain seperti Departemen, perguruan Tinggi dan lain-lain. Software ini dapat dikembangka untuk berbagai kebutuhan transaksi serta mendukung paket koneksi format NDC ataupun DDC serta paket message dengan format ISO8583.
  • RiskMan (Risk Management System) merupakan suatu paket aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan pengawasan terhadap kemungkinan resiko yang mungkin terjadi dalam pengambilan keputusan.
  • LOS (Loan Origination System) merupakan suatu paket aplikasi untuk kebutuhan penanganan aplikasi kredit, mulai dari pengajuan sampai dengan penanganan transaksi paska pengikatan kredit, sehingga diharapkan system dapat memberikan penilaian akan kelayakan kredit karena system juga dapat terintegrasi dengan dengan system aplikasi risk management (RiskMan) maupun Core banking (OLIBs).
  • MIS (Management Information System) merupakan suatu paket sistem informasi untuk top executive sebagai dasar pengambilan keputusan. System ini dirancang dengan terlebih dahulu membangun datawarehouse yang terpisah dengan system utama, sehingga mempermudah proses penyajian informasi mulai dari ringkasan sampai dengan detail, tanpa mengganggu kinerja transaksi perbankan serta menjamin keamanan data perbankan.
  • Trade Finance & Treasury merupakan suatu paket aplikasi yang terpisah dari core banking khusus menangani masalah transaksi eksport import, transaksi jual beli valuta asing, transaksi remittance, treasury dan lain. Paket ini dibutuhlkan oleh bank yang sudah menjadi bank devisa.
  • eSAMSAT, merupakan suatu paket aplikasi untuk menangani solusi penerimaan daerah baik, yang dapat terhubung secara online realtime dengan antara bank dengan instansi penerima pajak di daerah.
  • Micro Finance, merupakan suatu paket perngembangan dari OLIBs untuk kebutuhan keuangan sector micro.
  • Cash Management System, merupakan paket aplikasi yang dibutuhan oleh para nasabah prioritas bank agar dapat melakukan pengendalian dan pengawasan atas transaksi keuangan langsung dari meja kerja mereka  

Jasa Layanan

  • DRP merupakan jasa konsultasi untuk menyusun suatu pedoman dalam mengantisipasi dan menangani bencana/perlindungan asset perusahaan dengan pembebanan/distribusi tugas dan tanggung jawab yang jelas dengan keterlibatan semua pihak, sehingga pemulihan dapat dilakukan dalam waktu yang sesingkatnya. Kegiatan ini dituangkan dalam suatu dokumen yang berisi prosedur atas langkah dan tahapan yang harus dilakukan jika terjadi bencana.
  • BI Solution (Business Intelligence Solution) merupakan jasa konsultasi yang menangani pemenuhan kebutuan client atas informasi baik dari data internal maupun data pendukung external. Jika selama ini pihak management mengalami kesulitan dalam menyajikan informasi dalam waktu singkat untuk kebutuhan pengambilan keputusan, maka dengan jasa solusi business Intelligence ini diharapkan informasi sudah dapat tersedia kapanpun dimanapun kepada siapapun yang membutuhkan. Jenis konsultasi ini meliputi antara lain :
  1. Data Warehouse, yakni dengan membuat suatu pusat data sesuai dengan kebutuhan informasi dengan melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber kemudian dituangkan kedalam suatu format data model yang kemudian di distribusikan ke target-target yang membutuhkan, dengan demikian setiap informasi yang dibutuhkan terutama untuk kebutuhan analisa terhadap data hitoris dapat tersedia setiap saat.
  1. MIS (Management Information System)
  1. EIS (Executive Information System)
  1. Data Mining
  1. Dll
  • Training/Pelatihan merupakan jasa yang ditawarkan dalam bentuk pelatihan untuk kebutuhan alih teknologi dan penguasaan methodology. Pelatihan ini meliputi :
  1. Pelatihan Teknologi :
  1. Software : DB2, Powerbuilder, C++, OLAP, PHP, Java, CrystalReport, dll
  1. Operating System : Linux, AIX, Windows, OS/400
  1. Package : Microsoft Office, Apache, NetApps, Cisco, dll
  1. Pelatihan Metodology :
  1. Perbankan : Pedoman Akuntansi, Pedoman Audit, MiniBank, dll.
  1. Pengembangan system : System Design, Flowchart, pemrograman, dll
  • DC (Data Center) merupakan jasa penyewaan data center bagi client yang mengikat kontrak kerja secara full outsoure, jasa ini sudah termasuk perlengkapan invrastruktur yang ada didalamnya serta tenaga operator yang bertugas selama 24 jam x 7 hari.



  • DRC (Disaster Recover Center) merupakan jasa penyewaan data center bagi client yang mengikat kontrak kerja penanggulangan operasional IT apabila terjadi bencana. Jasa ini sudah termasuk perlengkapan invrastruktur yang ada didalamnya serta tenaga operator yang bertugas selama 24 jam x 7 hari.


  • Selain dari paket produk PT. Collega memberikan penawaran berupa jasa konsultasi yang terkait dengan aktivitas operasional dan teknologi perbankan, antara lain :

0 komentar:

Posting Komentar